KPU Gresik Resmi Tetapkan 50 Anggota DPRD Gresik Periode 2019-2024

45

GRESIK l – Setelah menunggu sekitar tiga bulan, akhirnya KPU Kabupaten Gresik menggelar rapat pleno terbuka dengan agenda penetapan hasil Pemilu 2019 untuk perolehan kursi anggota DPRD Gresik periode 2019-2024 terpilih. Hal ini sesuai dengan peraturan KPU, bahwa yang tidak memiliki sengketa pemilu maka segera melakukan penetapan anggota DPRD terpilih paling lambat lima hari setelah surat diterima.

Ketua KPU Gresik, Ahmad Roni mengatakan, sebenarnya kami telah siap melakukan penetapan pada awal bulan Juli 2019 lalu.Namun, diundur karena menunggu balasan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BPRK), sehingga baru ditetapkan sekarang.

“Semestinya tanggal 1 juli kemarin. Namun MK baru membalas surat kami pada 16 juli. Sehingga kami baru bisa menetapkan sekarang,” ujarnya, dalam rapat pleno terbuka, di salah satu hotel di Kabupaten Gresik, Sabtu (20/7/2019).

50 anggota DPRD Gresik 2019-2024 terpilih yang ditetapkan berasal dari delapan daerah pemilihan (Dapil). Ada sebanyak delapan partai peserta pemilu berhasil memperoleh kursi di DPRD Gresik. Sesuai rincian yang diperoleh masing-masing parpol, PKB berhasil memenangkan Pemilu 2019 di Kabupaten Gresik dengan perolehan sebanyak 13 kursi. Kemudian disusul Gerinda 8 kursi, Golkar 8 kursi, PDIP 6 kursi, Nasdem 5 kursi, Demokrat 4 kursi, PAN 3 kursi dan PPP 3 kursi.

“Para calon yang terpilih adalah yang memiliki suara terbanyak di setiap dapil dan partainya. Tidak ada sengketa,” tambahnya. Dengan penetapan hasil Pemilu 2019 ini, berarti ada perubahan peta dan kekuatan politik di DPRD Gresik, yakni dari dikuasi Golkar pada Pemilu 2014 menjadi dikuasi PKB Pada Pemilu 2014, Golkar meraih11 kursi sedangkan PKB hanya 8 kursi.

Para calon anggota DPRD Gresik terpilih diminta menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik, Imron Rosyadi mengapresiasi gelaran Pemilu 2019 di Kota Pudak yang berlangsung aman, lancar dan damai.

“Penetapan ini sangat cepat dibanding daerah lain, terimakasih kepada seluruh pimpinan partai, penyelenggara dan instansi terkait Pemilu di Gresik berjalan aman,” pungkasnya. (net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here