Tugu Keris Sumilang Gandring, Icon Tambahan Gresik Akhirnya Diresmikan

50

GRESIK l – Sebuah monumen di simpang empat Sidomoro akhirnya resmi dihibahkan dari PT. Wilmar Nabati Indonesia (WNI) kepada Pemerintah Kabupaten Gresik (16/7). Monumen Tugu Landmark Keris Sumilang Gandring dibangun oleh PT. Wilmar Nabati Indonesia dan rampung saat Hari Jadi Kota Gresik pada Maret 2019

Hibah bangunan dari dana corporate social responsibility (CSR) senilai sekitar 4 miliar lebih ini diserahkan langsung oleh Direktur PT. Wilmar Nabati Indonesia (WNI) Saronto Subagyo kepada Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, disaksikan juga oleh, Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro, Dandim Gresik Letkol Inf Budi Handoko, serta sejumlah pejabat Forkopimda dan pejabat Kepala OPD di Pemkab Gresik.

Suronto dalam sambutannya menyatakan, terwujudnya ide pembuatan tugu Landmark Keris Sumilang Gandring membutuhkan waktu lama. “Ide pembuatan tugu landmark awalnya dari Pak Bupati,” ungkap Saronto. Selain itu pembuatan monumen ini sebagai penghormatan atas jasa Bupati Gresik ke 8, kanjeng Sepuh Sidayu (Pangeran Haryo Suryoningrat) yang memiliki senjata pamungkas keris tersebut.

Mengenai serah terima Tugu landmark Keris Sumilang Gandring itu. Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyatakan Pemkab tidak menerima CSR dalam bentuk uang tunai. Semua pembangunan monumen tersebut dikelolah oleh pihak pengelolah hibah. “Semua hibah diserahkan ke Pemkab berupa bangunan fisik saja,” tegasnya.

Selanjutnya monumen Tugu Keris Sumilang Gandring ini akan berikan kepada dinas Lingkungan Hidup untuk pemeriharaanya agar lebih sejuk dan difungsikan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) serta tambahan Icon kota guna mempercantik kota Gresik.

Setelah berdirinya Tugu Landmark Keris Sumilang Gandring ini. Dalam waktu dekat, juga akan dibangun Landmark Garling (Gardu Suling) dan Tugu Landmark Gajah Mungkur. (net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here