VISI TEKNOLOGI BJ HABIBIE HARUS JADI INSPIRASI ANAK MUDA

62

GRESIK  – “Jadilah mata air yang jernih yang memberikan kehidupan disekitar mu”. Sebuah kata mutiara dari BJ Habibie, yang masih terngiang di benak kita semua. Presiden ketiga RI, BJ Habibie meninggal dunia Rabu kemarin (11/9). Tentu, bangsa ini kehilangan salah satu putra terbaiknya.

Namun meski raganya telah meninggalkan kita, visi dan keteladannya akan senantiasa bersama kita. Abadi. Menemani bangsa ini, menjadi bangsa yang unggul. Salah satu visi itu, adalah visi teknologi yang selalu diperjuangkan Pak Habibie hingga akhir hayatnya.

Sebagai Bapak Teknologi, Habibie telah berjasa membangun paradigma teknologi sebagai pilar pembangunan. Ketika menjabat sebagai Menristek pada 1978-1998, Habibie menggagas dan menjalankan visi Indonesia yang harus bertumpu pada inovasi.

Saripati visi beliau itulah, yang perlu kita ambil untuk diterapkan di berbagai sektor pembangunan daerah. Terutama bagi anak-anak muda.

Dalam konteks Kabupaten Gresik, visi teknologi Habibie terasa semakin relevan untuk digali, dipahami, dan diaplikasikan. Mengingat Gresik merupakan kota industri. Terlebih di era revolusi industri keempat ini.

Misal, awal Agustus kemarin, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gresik mengadakan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna. Lomba itu diikuti beberapa karangtaruna dan bertujuan untuk mengembangkan inovasi masyarakat di pedesaan.

Beberapa teknologi diperkenalkan, seperti Pemanfaatan Limbah Serbuk Tinja Manusia sebagai Alternatif Energi Listrik, dan Pembuatan Alat Penjernih Air (bebas zat Ca dan Fe).

Inovasi-inovasi tersebut tentu perlu disebarluaskan dan menjadi visi bagi anak muda. Salah satu cara, yakni dengan memperluas lomba inovasi tersebut di tiap kecamatan. Gunanya, agar terjadi transfer of knowledge di masyarakat secara luas dan merata, khususnya anak-anak muda.

Di samping itu, anak-anak muda Gresik yang kuliah, bahkan yang di luar Gresik, akan tertarik untuk turut terlibat. Mereka akan membawa pulang pengetahuan inovasi yang mereka kenali di kampus.

Dengan begitu, visi teknologi yang dibangun BJ Habibie semasa hidupnya, akan terkonfirmasi sebagai spirit yang nyata dalam pembangunan Gresik ke depan. Dan itu harus dimulai dari generasi mudanya. (net)

 

Jum,at, 13 September 2019 Pukul 11.30

Penulis : H Fandi Akhmad Yani SE (Ketua DPRD Kab Gresik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here